top
logo


Home Pariwisata Pulau Tikus
Pulau Tikus PDF Print E-mail
Written by Darliansyah Putra   
Senin, 25 Januari 2010 09:51

Pulau Tikus merupakan salah satu obyek wisata bahari yang terletak di pusat kota Bengkulu. Pulau kecil yang luasnya tidak lebih besar dari lapangan sepak bola ini memiliki potensi wisata bahari dengan terumbu karang yang jernih dan bersih sehingga keindahannya menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjungnya. 

Pulau ini pada event tertentu sering digunakan sebagai obyek wisata dengan lomba pemancingan yang sering diadakan oleh pemda setempat atau organisasi lain yang ada di Bengkulu.

Objek Wisata Pulau tikus adalah pulau karang kecil yang terletak di sebelah barat kota Bengkulu. Pada masa dahulu pulau ini merupakan tempat kapal-kapal berlabuh untuk berlindung dari hantaman badai ombak laut Samudra Indonesia. Ukuran pulau ini sekitar 60 x 100 meter dan di sini juga terdapat menara mercusuar.

Di sekitar pulau ini terdapat batu-batu karang  yang dihuni oleh berbagai jenis ikan dan sangat potensial sebagai wisata laut dengan aktivitas memancing, menyelam, dan snorking. Untuk mencapai pulau ini dapat ditempuh menggunakan kapal nelayan sekitar 30 menit dari pelabuhan lama Bengkulu ( pantai tapak paderi )

Pulau Tikus dikelilingi karang dan kaya dengan sumber daya hayati yang sudah ditetapkan sebagai hutan wisata dengan SK Menhut No. 602/Kpts-II/1991. Potensi fauna yang ada berupa ekosistem karang dan biota laut. Kondisi laut berpasir putih pada malam hari menjadi habitat penyu sisik dan penyu hijau yang naik ke darat untuk bertelur. Di kawasan lautnya terdapat lokasi-lokasi aman untuk kegiatan penyelaman dasar laut, dengan airnya yang jernih serta batu karangnya yang indah merupakan pilihan tempat wisata bahari yang menarik.

Potensi fauna di kawasan ini terdapat ekosistem karang dan biota laut, jenis karang yang ada di kawasan tersebut yaitu acroporase, poriter, fungia, pociIIopora, montipora, sarcophiton.

Untuk jenis satwa dan biota laut, di antaranya ikan-ikan, karang, kepiting dan udang, di sepanjang pantai Pulau Tikus terdapat pantai pasir putih yang pada malam hari menjadi lokasi penyu sisik (eretmocheIys imbricata) dan penyu hijau (cheloma mydas) naik ke darat untuk bertelur.

Ada beberapa jenis burung yang dapat dilihat di kawasan tersebut yaitu burung bangau hitam (egresa sacra), burung dara laut (duluca bicolor), burung kwak maling (nytcicuray sp) dan burung pecuk padi (polocrocoray sulsinostris). Sedangkan flora yang dominan tumbuh yaitu nyampiung (caiophylum inophylum), waru, ketapang (terminalia cetapa), kelapa (cocos nucifera Sp) dan lain-lain.

Pulai Tikus biasanya akan ramai dikunjungi pada hari libur dan biasanya mencapai puncaknya pada hari raya Idul Adha.

Untuk mencapai pulau kecil yang jaraknya kurang lebih 1 km dari bibir pantai kota Bengkulu ini dapat ditempuh dengan menumpang kapal TNI AL atau kapal lain yang selalu bersandar di pelabuhan Pulau Baai, selain itu dapat juga dicapai dengan carteran kapal nelayan yang ada di obyek wisata Tapak Paderi.

Last Updated on Senin, 05 September 2011 15:22
 

Polls

Apakah Bengkulu sudah siap dijadikan sebagai pusat tujuan wisata akhir pekan?
 

bottom
top
Banner

bottom

Powered by Lianni Komputer. Bengkulu IT Community (c) 2014